Jumat, 20 November 2009

Barita Acara Pembentukan HP2K

Assalamu Alaikum....

UNTUK memenuhi syarat formal sebuah perhimpunan, para pengurus Himpunan Peternak dan Pedagang Kelinci (HP2K) Kota Tasikmalaya pun membuatkan Berita Acara pembentukannya, yang kemudian dilaporkan kepada pihak-pihak terkait untuk mendapat pengesahan. Namun, kekurangan di sana-sini pada penyusunan redaksional Berita Acara tersebut kami mohon maklum. Sebagaimana seloroh beberapa pengurus di HP2K,"Keun welah butut oge, maklum atuh nu nyusun na oge tukang ngarit". Karena memang kami yang bergelut di perhimpunan ini memang kebanyakan peternak, yang notabene debagai masyarakat awam dan kesehariannya memang terlibat pada aktifitas "ngarit" atau menyabit rumput demi kelinci peliharannya.
Jadi sekali lagi, kami mohon maklum jika terdapat kekuranglengkapan atau kurang memadainya susunan Berita Acara ini. Dan dengan tangan terbuka kami tetap mengharapkan adanya kritik dari masyarakat lainnya untuk perbaikan kami ke depan.
Berikut, Berita Acara dimaksud:


BERITA ACARA PEMBENTUKAN HIMPUNAN PETERNAK DAN PEDAGANG KELINCI (HP2K)
KOTA TASIKMALAYA


PADA hari ini, Jum’at tanggal 9 Oktober 2009, pukul 19.30 s/d 21.00 WIB, bertempat di rumah Sdr. Suhartono Wijaya yang beralamat di Jalan Laswi, Gg. Kemuning Indah No. 8, RT 01/05 Kel. Cikalang Kec. Tawang, Kota Tasikmalaya, telah diadakan pertemuan yang dihadiri oleh sejumlah peternak dan pedagang kelinci yang ada di Kota Tasikmalaya, untuk membentuk suatu himpunan bagi peternak dan pedagang kelinci se Kota Tasikmalaya yang kemudian diberi nama “HIMPUNAN PETERNAK DAN PEDAGANG KELINCI (HP2K) KOTA TASIKMALAYA”.

Adapun maksud dan tujuan dibentuknya HP2K ini, di antaranya:
1. Mewadahi aktifitas para peternak dan pedagang kelinci Kota Tasikmalaya dalam satu
ikatan silaturahmi dan kebersamaan untuk memperjuangkan dan mengembangkan
usahanya.
2. Menjembatani kepentingan para peternak dan pedagang kelinci dengan pemerintah dan
juga stakeholder masyarakat lainnya demi kepentingan ternak dan perdagangan
kelinci di Kota Tasikmalaya
3. Menjadi ajang saling bertukar pikiran dan keilmuan khususnya di bidang budi daya
kelinci, sehingga menambah wawasan keilmuan dan memberikan motivasi usaha para
peternak/pedagang kelinci.
4. Membantu program pemerintah Kota Tasikmalaya dalam meningkatkan usaha peternakan
di masyarakat
5. dll.

Pada pertemuan tersebut juga disusun struktur organisasi himpunan serta dilakukan pemilihan kepengurusan, dengan susunan kepengurusan sebagai berikut.


Ketua : Sdr. Dhoni Muharam
Sekretaris : Sdr. Taufik
Bendahara : Sdr. Suhartono Wijaya (Ko Chung-chung)

Divisi-divisi
1. Divisi Pembinaan dan Pendataan Anggota
2. Divisi Penelitian & Pengembangan
3. Divisi Logistik dan Umum
4. Divisi Usaha dan Kemitraan
5. Divisi Humas dan Publikasi

Anggota-anggota

VISI & MISI HP2K
Berdasarkan pertemuan tersebut, disepakati visi dan misi HP2K. Visi HP2K yaitu: “Meningkatnya Kesejahteraan Masyarakat Kota Tasikmalaya Melalui Budidaya dan Usaha Ternak Kelinci”

Sedangkan Misi yang diembannya, yaitu:
1. Membuka peluang pekerjaan melalui usaha ternak kelinci
2. Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui kegiatan pelatihan-pelatihan,
penelitian, dan studi banding
3. Membantu pemenuhan kebutuhan gizi protein hewani melalui pengadaan daging kelinci
4. Mendorong peningkatan produksi pertanian melalui pengadaan pupuk organik
5. Mengembangkan kerjasama usaha dengan berbagai pihak.

Demikian Berita Acara ini dibuat, sebagai bahan permakluman bagi para pihak yang berkepentingan, baik bagi internal HP2K itu sendiri maupun bagi pihak-pihak di luar perhimpunan. Alat kelengkapan organisasi perhimpunan lainnya serta segala sesuatu yang dibutuhkan oleh perpimpunan ke depan akan dibuat dan disusun sesuai dengan kesepakatan musyawarah anggota.
Semoga perjalanan perhimpunan ke depan berjalan lancar sesuai dengan harapan serta mendapatkan berkah dan lindungan dari Allah SWT. Amin.

Tasikmalaya, 9 Oktober 2009

Ketua,
(Dhoni Muharam)

Sekretaris,
Taufik)


Mengesahkan,
Kepala Kelurahan Cikalang
Kepala Kecamatan Tawang
Kepala BPP Cipedes-Tawang



Catatan: Untuk pelaporan kepada pihak-pihak terkait dan Dinas Pertanian dicantumkan juga dalam struktur organisasi perhimpunan, yaitu Pelidung oleh Kepala Dinas Pertanian Kota Tasikmalaya dan Penasihat oleh PDHI (persatuan Dokter Hewan Indonesia) Cabang Priangan Kota Tasikmalaya

Oh ya, untuk program kerja perhimpunan akan kami posting di kemudian waktu.

Wasalam.

1 komentar:

  1. Kepada para peternak dan pedagang kelinci di wilayah Kota Tasikmalaya yang belum bergabung dengan HP2K, kami mengharapkan keterlibatannya untuk bersama-sama mendukung wadah ini demi kemajuan usaha kelinci di kota ini. Kami mohon maaf jika pembentukan HP2K ini belum mengakomodir semua peternak/pedagang, karena keterbatasan kami mengenai keberadaan peternak/pedagang kelinci yang ada di Kota Tasikmalaya. Oleh karena itu, kami berharap peran pro aktif dari peternak/pedagang kelinci untuk bergabung di HP2K dengan menghubungi sekretariat kami di Gg. Kemuning Indah No. 8 Jl. Laswi Kota Tasikmalaya. Atau telp ke Sdr. Donu Muharam (085223019300), Sdr. Chung-chung (085223440088).

    BalasHapus