Kamis, 07 Januari 2010

Laporan Panitia Kontes Kelinci

Laporan Ketua Pelaksana Kontes dan Pameran Kelinci Wali Kota Cup 2009, Tingkat Priangan, di Kota Tasikmalaya, 27 Desember 2009

Bismillahirrahmanirrahiim
Assalaamu Alaikum Wr. Wb.

Yth, Bapak Wali Kota Tasikmalaya, beserta para pejabat dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait
Yth, Ketua DPRD Kota Tasikmalaya atau yang mewakili
Yth, para pejabat unsur Muspida Kota Tasikmalaya
Yth, para dokter hewan yang tergabung dalam Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jawa Barat Wilayah IV Priangan
Yth, para peserta kontes dan pameran kelinci dari kabupaten dan kota
se wilayah Priangan
Yth, para juri
Yth, rekan-rekan para peternak dan pedagang kelinci
Hadirin dan para undangan yang berbahagia

Puji dan syukur kita panjatkan ke hadirat Ilahi Rabbi, atas perkenan-Nya serta kehendakNya lah..kita bisa hadir di sini dalam keadaan sehat wal afiat serta dalam suasana hati yang berbahagia.

Shalawat serta salam, semoga senantiasa tercurahlimpahkan kepada Nabi Besar Muhammad, SAW, kepada keluarga, para sahabat, dan para penganut ajarannya hingga akhir jaman, termasuk kita semua di sini. Amin.

Hadirin dan undangan yang berbahagia,
Sebelumnya, saya sampaikan terlebih dahulu mengenai dasar dan tujuan pelaksanaan kontes dan pemeran kelinci di Kota Tasikmalaya ini.

Dasar pelaksanaan kegiatan ini, yaitu:
1. Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Himpunan Peternak dan Pedagang Kelinci (HP2K) Kota Tasikmalaya
2. Surat Perintah Penyelenggaraan Kontes dan Pameran Kelinci di Kota Tasikmalaya dari Ketua HP2K kepada Ketua Pelaksana dan panitia penyelenggaraan kontes dan pemeran kelinci Wali Kota Cup 2009 tingkat wilayah Priangan, No. 03/HI-HP2K/XI/Tsm tertanggal 25 Oktober 2009.

Tujuan kegiatan, yaitu:
1. Untuk meningkatkan daya tarik para peternak terhadap sektor usaha budidaya kelinci di Kota Tasikmalaya yang pada akhirnya bisa menggairahkan atau membangkitkan usaha ternak kelinci ini.
2. Menggugah para peternak, pedagang dan penggemar kelinci mengenai potensi ekonomi kelinci, baik dilihat sebagai hewan hias maupun sebagai hewan pedaging atau hewan konsumsi.
3. Merangsang masyarakat umum untuk terlibat pada usaha ternak kelinci atau pun hanya sebatas menjadi penggemar
4. Meningkatkan pengetahuan para peternak dan pedagang kelinci sehingga memperoleh pemahaman yang benar mengenai ciri-ciri dan identitas kelinci, baik dilihat dari kesesuaian ras maupun cara perawatan dan pemeliharaannya, yang pada akhirnya mampu memiliki kelinci dengan kualitas baik, bahkan layak untuk diikutsertakan pada kontes-kontes kelinci di tanah air.
5. Membantu pemerintah Kota Tasikmalaya dalam hal pengembangan sektor usaha ternak masyarakat, khususnya ternak kelinci, yang pada akhirnya bisa meningkatkan perekonomian warganya.


Hadirin dan Undangan yang saya hormati,
Untuk pertama kalinya, kontes dan pameran kelinci diselenggarakan di Kota Tasikmalaya ini. Jika dikaitkan dengan perkembangan sektor usaha kelinci di Kota Tasikmalaya, sebenarnya even ini masih terlalu dini untuk dilaksanakan. Mengingat, sejauh ini usaha ternak kelinci atau pun komunitas penggemar kelinci di Kota Tasikmalaya masih sedikit dan sangat minim.
Namun karena melihat semangat beberapa peternak kelinci yang ada, kami mengambil inisiatif untuk bagaimana caranya agar usaha ternak kelinci di Kota Tasikmalaya bisa berkembang dan meningkat, baik dari segi kualitas maupun kuantitasnya. Untuk mencapai ke arah itu, salah satunya kami tempuh melalui penyelenggaraan even ini, tentunya dengan berbagai kekurangan dan kelemahan di sana-sini.
Kami sampaikan pula, bahwa saat ini di Kota Tasikmalaya sudah terbentuk wadah perhimpunan para peternak dan pedagang kelinci, yang tergabung dalam organisasi Himpunan Peternak dan Pedagang Kelinci (disingkat HP2K) Kota Tasikmalaya. Mengingat perhimpunan ini yang baru terbentuk beberapa bulan lalu, sejauh ini kami baru berhasil menghimpun sebanyak 30 orang peternak untuk tergabung dalam HP2K. Masih banyak para perternak kelinci lainnya yang tersebar di wilayah Kota Tasikmalaya yang belum tersentuh pendataan. Oleh karena itu, seiring dengan perjalanan HP2K ke depan, kami berharap wadah ini bisa semakin besar dan maju sesuai harapan kita semua.

Hadirin dan undangan yang berbahagia,
Selama ini usaha peternakan kelinci di Kota Tasikmalaya masih belum banyak diminati masyarakat serta belum mendapat perhatian serius dari pemerintah. Hal itu karena memang, usaha ternak kelinci di kota ini masih bersifat sporadis, yang tersebar di beberapa wilayah dengan skala yang masih kecil.
Mudah-mudahan, melalui even kontes dan pameran kelinci ini, membuka mata masyarakat bahwa usaha ternak kelinci sebenarnya sangat potensial untuk meningkatkan ekonomi warga. Dengan kontes dan pameran ini juga akan membuka pasar kelinci semakin terbuka karena diyakini akan semakin banyak masyarakat yang tertarik dengan kelinci, baik sebagai penggemar maupun untuk menjadi peternak.
Kami yakin, usaha peternakan kelinci di Kota Tasikmalaya ke depan akan semakin relevan untuk terus dikembangkan. Hal itu karena sejalan dengan perkembangan kota, dimana luas lahan pertanian semakin menyempit, maka usaha peternakan hewan kecil seperti kelinci justru yang paling memungkinkan untuk tetap dikembangkan. Usaha peternakan kelinci tidak membutuhkan lahan yang luas. Bahkan bisa dilakukan dalam skala rumah tangga di halaman-halaman rumah.

Hadirin sekalian,
Even ini kami selenggarakan dengan bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tasikmalaya, yang kami kemas dalam nama kegiatan Kontes dan Pameran Kelinci Wali Kota Cup 2009, tingkat wilayah Priangan.
Kami sampaikan pula, bahwa mengingat antusiasme para peserta, dari semula direncanakan kontes hanya untuk wilayah priangan, ternyata banyak juga peserta yang datang dari luar Priangan seperti dari Jakarta, Bogor, Serang dan Magelang. Untuk itu, kami mengharapkan agar even kontes dan pemeran kelinci ini ke depan bisa menjadi bagian dari agenda pemerintah Kota Tasikmalaya melalui Dinas Pariwisatanya dengan skala yang lebih besar.
Kami ucapkan selamat datang dan terima kasih kepada para peserta kontes
yang jauh-jauh datang dari luar Kota Tasikmalaya, untuk berpartisipasi pada kegiatan ini. Mudah-mudahan, atas kepercayaan yang diberikan ini, menjadi motivasi bagi kami untuk bekerja lebih keras lagi dalam usaha pengembangan usaha kelinci di Kota Tasikmalaya.
Terima kasih kami ucapkan pula kepada juri, di antaranya datang dari Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Ciawi Bogor serta juri dari Lembang Bandung dan juri dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Jawa Barat wil. Priangan.
Kepada para pihak yang telah mendukung hingga terselenggaranya acara ini, di antaranya Pemerintah Kota Tasikmalaya bersama dengan Dinas Pertanian dan OPD terkait, kami atas nama panitia dan HP2K, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. Juga kepada para sponsor dan donatur yang tak dapat kami sebutkan satu persatu, kami ucapkan terima kasih yang tak terhingga. Semoga, segala amal kebaikannya menjadikan berkah dan pahala.
Kami mohon maaf apabila dalam penyelenggaraan even ini terdapat banyak kekurangan dan kelemahan. Sekali lagi, jangan dilihat dari kemampuan kami dalam mengelola sebuah even, tapi tolong lihat semangat kami para peternak dan pedagang kelinci di Kota Tasikmalaya untuk menjadikan even ini sebagai ajang untuk belajar demi pengembangan sektor usaha ternak ini.
Akhirul kalam, wassalamu alaikum warahmatullahi wabarokaatuh..

Tasikmalaya, 27 Desember 2009

Ketua Panitia


Suhartono Wijaya


Keterangan: Pembacaan Sambutan Panitia disampaikan oleh Sdr. M. Ridwan sebagai Humas dan Publikasi HP2K mewakili Ketua Panitia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar